cara mengatasi Mengatasi Virus di komputer



Selama berhubungan dengan komputer/laptop tak akan pernah bisa menghindari yang namanya virus. Pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati juga dapat diterapkan pada komputer. Lebih baik mengaktifkan AntiVirus dan memperbaharui data virusnya daripada mengobati komputer Anda yang terlanjur terkena virus.

Apabila komputer telah terkena serangan virus, instalasi AntiVirus atau memperbaharui data virus tidak akan mengembalikan data yang mungkin dihapus oleh virus. Selain itu, seringkali virus mematikan fungsi beberapa program atau menu sehingga tidak mudah untuk dibersihkan oleh program AntiVirus yang ada. Jika Anda menemukan kejadian tersebut, tips berikut ini semoga dapat membantu Anda menghilangkan virus tanpa menggunakan program AntiVirus.


1. Lihat apakah virus tersebut masih aktif, kita bisa melihat proses virus tersebut masih aktif atau tidak kita bisa menggunakan software seperti “TaskPatrol” [http://www.asmdev.net/products/taskpatrol] atau “Security Task Manager” [http://www.neuber.com/taskmanager/index.html]. Kemudian berhentikan proses yang dianggap sebagai virus dan catat lokasi proses tersebut.

2. Hapus file yang berada pada proses yang telah dijelaskan diatas.

3. Setelah itu mencari file atau perintah yang menyebabkan file – file virus tersebut berjalan di memory / proses. Macam – macamnya: Di register contoh Run, WinLogon ? Di All Program -> StartUp. ? Di Control Panel -> Scheduled Task. ? dan banyak lagi.

4. Apabila virus tersebut menduplikat dirinya kita bisa mencari file tersebut dengan menggunakan fasilitas search di Windows, kita cari file yang dianggap virus tersebut kemudian dihapus. Contohnya virus brontok mempunyai icon folder, maka kita cari saja file exe yang bericon folder dengan search kemudian kita delete.

5. Meski virus sudah terhapus dari komputer pasti akan ada fungsi windows yang tidak berjalan, berikut cara untuk mengembalikan fungsi windows tersebut dengan menggunakan regedit, kita ketikan saja regedit di run. Mungkin ada virus yang menyebabkan regedit atau run tidak dapat berjalan, kita dapat menggunakan administrator untuk membukanya. Ingat jangan sekali-kali menggunakan login administrator ketika virus masih aktif.

=> Mengembalikan fungsi Regedit HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System ~DisableRegistryTools

=> Mengembalikan fungsi Task Manager HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System ~DisableTaskMgr ?

=>Mengembalikan Menu Search

HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer ~NoFind

=> Mengembalikan Menu Folder Options HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer ~NoFolderOptions /f

=> Mengembalikan Menu Run HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer ~NoRun ? Mengembalikan Tombol Turn Off Computer HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer ~NoClose

Download Tools Untuk mengaktifkan beberapa fungsi di atas, Anda dapat menggunakan software FixingTools 2.1.2. Setelah virus dibersihkan, Anda dapat menginstalasi program AntiVirus atau memperbaharui data Virus agar kelak tidak lagi terkena. Link AntiVirus yang tersedia di internet antara lain:

=> www.free-av.com

=> www.grisoft.com

=> www.avast.com

=> www.vaksin.com

=> www.bitdefender.com

=> www.symantec.com

Masih ada Permasalahan?
semoga bermanfaat * Maju terus indonesia dan tetap berhati-hati dalam hidup ini,semoga bermanfaat dan sukses semoga ALLAH slalu memberikan yang terbaik selamanya kepada galihrezah dan kekasihnya,,,amin hehehe makasih bentar ane mikir dulu buat postingan besok,,hehe hehehe jadi malu kabur ah..hahaha waduh kurang cepet ne balik lagi ah hehehe.. eh ga jadi kabur hihihi maaf-maaf kalau ane ada salah..hehe minum dulu gan salam kenal yah hehehe thanks for visiting this blog and CMIIW (Correct Me If I am Wrong).

0 komentar:

Posting Komentar