Cara Agar Si Dia Menjadi Pendengar yang Baik

galihrezah.blogspot.com - Bicara tentang kendala komunikasi antara pria dan wanita, memang tidak ada habis-habisnya.
Alasannya pun macam-macam, dari yang ilmiah sampai yang sekadar mereka-reka.

Pakar psikologi asal AS, Caroline Landau, PH.D, menyebutkan kalau lahirnya kemacetan komunikasi dalam sebuah pasangan, baik itu yang masih berpacaran atau pun yang telah menikah, sekali lagi karena adanya perbedaan visi dalam benak pria dan wanita.

"Umumnya tujuan para pria atau suami berbicara itu adalah untuk sekadar membagi segala informasi. Sebaliknya, keinginan para wanita atau istri berdiskusi dan berbicara dengan pasangannya itu cenderung lebih emosional sifatnya. Tidak sekadar ngobrol tapi juga berbagi rasa," jelas Landau.

Karenanya, guna mengatasi friksi yang muncul tersebut, menurut Landau, tidak ada salahnya menyusun rencana efektif. Utamanya bagi para wanita yang kerap merasa sulit memulai berbicara dengan pasangannya atau suaminya.

Berikut ini ada beberapa cara efektif, sebagaimana dikemukakan Landau, yang bisa dilakukan oleh para wanita atau istri agar pasangan atau suami mereka mau menjadi pendengar yang baik:

- Dekati pasangan Anda di saat perasaan atau mood Anda tengah bagus-bagusnya. Takutnya, jika Anda mendatangi pasangan di saat marah maka yang ada dalam benak Anda adalah keinginan untuk menyerangnya. Ujung-ujungnya, sang pasangan bukan tidak mungkin justru terdorong untuk bersikap defensif.

- Spesifikasikan segala tujuan dan apapun yang Anda inginkan. Misalnya saja Anda katakan kepada pasangan kalau saat ini Anda hanya ingin dia mendengarkan semua yang Anda katakan. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa bukan tidak mungkin Anda akan meminta nasihat dan pendapatnya. Biasanya, dengan cara seperti itu para pria akan berupaya untuk mendengarkan. Ya, siapa juga yang nggak kepingin nasihat atau pendapatnya didengar, bukan?

- Kembangkan terus perasaan Anda guna membantu si dia mengerti apa yang sebenarnya Anda harapkan. Misalnya saja Anda katakan bahwa; "Kalau kamu mendengar seperti itu aku jadi senang deh."

- Tanyakan pula perubahan apa saja kiranya yang bisa diperbuat olehnya. Misalnya saja dalam membahas masalah keuangan, Anda meminta pasangan untuk mendiskusikan fakta yang ada dulu. Kemudian, barulah Anda dan dia mencari jalan keluarnya. Asyik bukan saling bahu-membahu. - Jangan lupa pula untuk selalu mengembangkan sikap positif Anda. Misalnya saja, seusai pembicaraan, Anda mengucapkan terima kasih kepada si dia yang rela dan mau mendengarkan segala keluh-kesah Anda dan telah membuat Anda merasa tenang sekaligus lega.

▬^_^▬
Ѽ-ҳ-Ѽ
►Galihrezah™³
Ѽ-ҳ-Ѽ semoga bermanfaat
Maju terus indonesia dan tetap berhati-hati dalam hidup ini,semoga bermanfaat dan sukses semoga ALLAH slalu memberikan yang terbaik selamanya kepada galihrezah dan kekasihnya,,,amin hehehe makasih blog galihrezah.blogspot.com BEBAS DI COPY PASTE posting ini di buat untuk memberikan pengetahuan kepada yang belum mengetahuinya,jadi tidak ada larangan untuk tidak mengcopy di blog ini,trimakasih untuk yang udah mau mengcopy di blog ini,sebarkan ilmu semampu anda dengan ikhlas kawan, semoga ALLAH membalas kebaikan anda.amin bentar ane mikir dulu buat postingan besok,,hehe hehehe jadi malu kabur ah..hahaha waduh kurang cepet ne balik lagi ah hehehe.. eh ga jadi kabur hihihi maaf-maaf kalau ane ada salah..hehe minum dulu gan salam kenal yah hehehe thanks for visiting this blog and CMIIW (Correct Me If I am Wrong) laporkan kesini http://facebook.com/mastercrackerbila link unduh broken,untuk daftar isi disini rss galihrezah.blogspot.com - hohoho selamat mengcopy ya sob

0 komentar:

Posting Komentar